59 Calon Anggota Polri Ikuti Rikmin Awal di Polres Barsel

Polres Barsel,Kaltengnews  – Pendaftaran penerimaan Bintara Polri tahun 2020 telah dibuka, ada 59 orang yang mendaftar di Polres Barito Selatan (Barsel), jajaran Polda Kalteng, terdiri dari 49 orang laki-laki, dan 10 orang perempuan.

Bertempat di Aula Pucuk Rebung Mapolres Barsel Jalan Soekarno Hatta Desa Sababilah, Buntok, Prov. Kalteng, Jumat (21/8/2020) pagi, terlihat para peserta begitu antusias mengikuti seleksi yang digelar oleh Pabanrim (Panitia Bantuan Penerimaan) Bintara Polri Polres Barsel dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

Kapolres Barsel AKBP devy Firmansyah, S.I.K. melalui Kabagsumda Kompol Mohtar mengatakan, kegiatan Rikmin awal sudah berjalan dari Kamis (20/8/2020) kemarin sampai dengan hari ini.

“Dalam rikmin awal ini, ada empat kriteria penting sebagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon anggota polri tersebut, diantaranya tinggi dan berat badan, domisili, nilai rapor dan ijazah, serta usia yang harus sesuai kriteria,” terang Kabagsumda.

Mohtar melanjutkan, untuk persyaratan tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita, kemudian domisili harus berada dua tahun di Kab. Barsel lalu untuk usia, calon anggota polri minimal 17 tahun 6 bulan dan maksimal 21 tahun untuk lulusan SMA.

”Kami berharap akan banyak putra-putri asli Daerah Barsel yang bisa lulus menjadi anggota Polri,” harapnya.

Dia mengakui, dalam proses rikmin awal ini, pihaknya juga melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Urkes) Polres Barsel.

”Dalam penerimaan anggota polri ini, kita menganut prinsip betah, yakni Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,” pungkasnya. (Ls)

- Info Redaksi Kalteng News -