Antisipasi Dampak Covid-19 Berkepanjangan Inisiatif Pak RT Dan Warga Buka Halaman Kosong Untuk Tanam sayur Mayur Menjaga Ketahanan Pangan

Palangka Raya – Kaltengnews, Kegiatan Kerja Bhakit/ Gotong Royong bersih-bersih parit, bersihkan halaman dan tanah kosong yang akan digunakan untuk tanam sayuran, kolam ikan sebagai bentuk ketahanan pangan di lingkungan RT 01 RW 02 KELURAHAN BUKIT TUNGGAL Palangka Raya, minggu, 7 Juni 2020.

Saat diwawancarai “Kaltengnews” Warga yang sedang ikut bekerja membersihkan lahan kosong ir. Bahrunada, yang mengepalai alias memimpin kegiatan gotong royong tersebut menerangkan kegiatan ini dilakukan warga dengan penuh kesadaran dan tidak ada yang memaksa artinya sama-sama atas kehendah sendiri dan berharap nantinya ketahanan pangan tidak begitu menghawatirkan lagi.

Ditambahkan Ir. Bahrunada, dalam keadaan saat ini warga kita atau bangsa Indonesia menghadapi musibah/pandemi Virus Corona atau Covid-19, kita sendiripun tidak tau kapan semua ini berakhir, dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Daerah bahkan sampai Pemerintahan Desa melakukan Pembatasan Sosial atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

“Dan akhirnya semua akan berakibat kepada pendapatan dan perekonomian masyarakat melemah, ujung-ujungnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari akan sulit, atas dasar ini kami sepakat pa RT, saya dan warga mensiasati membuka lahan kosong tidur untuk dijadikan tempat bercocok tanam, menanam sayur mayur dan juga nantinya untuk memelihara ikan(kolam, tambak sederhana)”, ucapnya singkat.

Ditempat yang sama ketua RT. RT 01 RW 02 KELURAHAN BUKIT TUNGGAL, Omar Rustafa mengatakan, iya memang benar gotong royong ini kami lakukan atas kesadaran dan kemauan sendiri, membuka lahan untuk ladang nanam sayur mayur dan kolam ikan,apabila sudah panen nanti setidaknya untuk mencukupi kebutahan warga RT kami dan sekitar, atau ketahanan pangan.

“Apalagi disaat seperti sekarang ini, Pandemi Covid-19, semua aktifitas kita dibatasi Pemerintah artinya ruang gerak kita melakukan segala aktifitas tidak seluasa dulu sebelum pandemi covid-19 ini, dan semoga musibah ini cepat berlalu”, ucap Omar Rustafa.(Fs/Palangka Raya)

- Info Redaksi Kalteng News -