Antisipasi Penyebaran Virus Corona Masuk Kapuas,Dishub Kapuas Lakukan Penyemprotan Terhadap 2 Buah Kapal Jenis Tug Boat Melintasi Sungai DAS Kapuas

KUALA KAPUAS-Kaltengnews,Telah diperiksa dan dilakukan penyemprotan kepada dua buah Kapal jenis Tug Boat yang ingin melintasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas di Dermaga Danau Mare Kuala Kapuas, Senin (4/5/2020) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Kapuas Vitrianson didampingi Sekretaris Dinas Perhubungan Maria Zusana Natali Lestari dan Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan Siter Sandan memeriksa dan melakukan penyemprotan terhadap dua buah Kapal Jenis Tug Boat milik TB.Tunas Perkasa dari Gresik, Jawa Timur yang menuju Sungai Puring mengangkut 10 orang ABK dan Kapal TB.Satya Jaya dari Dumai menuju PT.Graha Inti Jaya yang berada di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas yang mengankut sebanyak 13 orang ABK.

Hal demikian bertujuan dengan tindakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perhubungan dalam menangani pandemic Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kapuas lewat jalur perairan agar penyebaran Virus tersebut dapat di kendalikan atau diberantas mata rantai persebarannya salah satunya melalui jalur air.

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Cabang Kuala Kapuas, Pol Air Polres Kapuas dan Unsur Muspika Kecamatan Kapuas Kuala turut ambil bagian dalam pemeriksaan dan penyemprotan yang dilakukan bersama dengan DisHub Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Vitrianson mengatakan pemeriksaan dan penyemrotan ini kembali digiatkan dalam menangani pandemic yang semakin mewabah di Kabupaten Kapuas.

“Kapal – Kapal yang hendak melewati Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas akan kami lakukan pemeriksaan dan penyemprotan, apalagi sekarang ini status Pandemic Covid-19 di Indonesia khususnya Kabupaten Kapuas telah memasuki tanggap darurat bencana non alam. Untuk itu kami harus lebih ekstra hati – hati terhadap kapal yang hendak memasuki DAS Kapuas”.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tim gabungan tersebut hasilnya semua ABK dari dua buah kapal itu dinyatakan sehat dan tidak ada keluhan kesehatan sama sekali” terang Vitrianson (Irham/kapuas)

- Info Redaksi Kalteng News -