Boleh Berbelanja Kepasar Ikuti Pratokol Kesehatan Demi Kesehatan Covid-19,Ujar dr.Muliyanto

Pulang Pisau ,Kaltengnews- Menanggapi kasus positif corona asal Desa Tanjung Sangalang Kecamatan Kahayan Tengah yang diketahui ada riwayat sering bepergian ke Pasar Besar Palangka Raya, jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc, berpesan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah agar selalu berhati-hati dan mematuhi protokol kesehatan apabila ke pasar.

Jubir gugus, dr. Muliyanto, yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau itu menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat, untuk selalu memakai masker, menghindari kerumunan, dan tetap menjaga jarak.Apabila ada kerumunan, agar menunggu dulu, lebih baik agak lama sedikit, tapi kita bisa menjaga jarak,” pesan dr. Muliyanto usai rapat analisa dan evaluasi (anev) di Posko GTPP Covid-19 Pulang Pisau.

“Menurutnya dengan menghindari kerumunan dan menjaga jarak akan mengurangi resiko terpapar virus corona yang mungkin dibawa oleh pengunjung lain di pasar.Selain itu jangan lupa juga untuk selalu memakai masker, cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, dan setibanya di rumah terapkan protokol kesehatan apabila mau masuk rumah”.

Pinta dr.Mul,masyarakat jangan takut untuk pergi ke pasar, namun bila ke pasar juga harus selalu waspada, berhati-hati, dan patuhi protokol kesehatan. Sebagaimana diketahui, pasien positif covid-19 asal Desa Tanjung Sangalang Kecamatan Kahayan Tengah ada riwayat sering ke Pasar Besar Palangka Raya, bahkan dalam sehari bisa dua sampai tiga kali ungkapnya.

“Dibeberapa daerah, kasus covid-19 dengan kluster pasar cukup banyak, seperti yang ada di kota Palangka Raya, Banjarmasin, dan juga daerah lainnya”, tutup dr. Muliyanto. (Romi/Pulpis)

- Info Redaksi Kalteng News -