Cegah Perkembangan Paham Radikal, Satpolair Polres Kobar Gencarkan Sosialisasi

Kaltengnews.com. – Polres Kobar – Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar sosialisasi program Quick Wins Giat I tentang penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila, Kamis (17/9/2020) siang.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kasatpolair sebagai narasumber bersama anggota Satpolair itu diikkuti oleh masyarakat Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Kasat Polair IPTU Kusean Afandi mengatakan, kegiatan ini sebagai edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kelompok radikal, meningkatkan deteksi dini tentang para pendatang yang dicurigai memberikan ajaran-ajaran yang menyimpang dari ketentuan agama masing-masing sesuai dengan syariat islam.

Memberikan pemahaman tentang organisasi-organisasi yang terkait dengan kelompok terorisme serta memberikan penekanan akan pentingnya hidup sesuai dengan dasar negara Pancasila dan UUD 45 sebagai pedoman dalam hidup dan berkhidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia.

Disamping itu ia juga memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat nelayan akan pentingnya alat-alat keselamatan di atas kapal pada saat mencari ikan, serta mengantisipasi kecelakaan laut dan tindak pidana perairan.

“Karena situasi cuaca untuk saat ini memasuki musim penghujan dan glombang tinggi serta angin kencang,” ujarnya. Pada saat sesi tanya jawab, masyarakat yang hadir menyampaikan sejumlah pertanyaan yang dijawab langsung olehnya.

Sosialisasi dirangkai dengan penyerahan paket sembako, bendera merah putih, lifeboy dan lifejacket, pigura Pancasila kepada perwakilan masyarakat yang ditunjuk. Dan diakhiri dengan photo bersama NKRI harga mati.(red)

- Info Redaksi Kalteng News -