Dinas PUPR Bidang SDA Lakukan Pemeliharaan Rutin Optimalkan Fungsi Drainase Kota Palangka Raya

Kaltengnews, Palangka Raya -Kegiatan pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya, khususnya Bidang Sumber Daya Air (SDA) terus gencar dilakukan seperti pemeliharaan saluran Drainase.

Semua itu bentuk dari tanggung jawab pihak Dinas PUPR bagian SDA demi mengantisipasi dan memelihara semua jenis bangunan drainase yang berkaitan dengan air agar tidak terjadi kerusakan dan penyumbatan yang dapat menimbulkan genangan air apabila di musim hujan.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas PUPR Kota Palangka Raya Albert Tombak melalui PPTK Pemeliharaan dan Pembersihan Saluran Drainase Wasono Aji, ST ketika ditemui Kaltengnews, Kamis (11/7/2019). “Kegiatan pemeliharaan jaringan Drainase ini rutin dilaksanakan yang merupakan tugas dan tanggung jawab kami untuk mencegah terjadinya genangan air yang berlebihan sehingga dapat mengganggu aktivitas masyarakat di Kota Palangka Raya” jelas nya.

Lokasi kegiatan pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kota Palangka Raya melalui Bidang SDA antara lain di jalan Jawa wilayah Seputaran Pasar Besar yang nantinya akan dilanjutkan keberbagai titik yang ada di Kota Palangka Raya.

Selanjutnya Wasono Aji, ST mengatakan, banyak hal yang harus dilakukan dalam memelihara, mulai dari segi bangunan drainase, memastikan saluran air lancar, pengendapan (sedimentasi), sampai dengan semak dan rumput tak luput menjadi pantauannya. Semua itu membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang rutin dilakukan, agar bangunan air (drainase) yang ada selalu berfungsi dengan baik serta air yang ada di saluran tetap lancar jadi apabila memasuki musim hujan tidak akan menimbulkan genangan air. “Kegiatan tersebut meliputi pembersihan saluran dari sedimentasi lumpur, babat rumput dan semak semak dan hal paling parahnya adalah sampah palstik yang numpuk di saluran drainase yang menyebabkan tersumbatnya saluran air di sepanjang Drainase” ucap Wasono Aji.

Ia menambahkan, meskipun dari Dinas PUPR Kota Palangka Raya sendiri mempunyai tenaga lapangan untuk pemeliharaan, namun kedepannya tetap diharapkan kepedulian dari masyarakat, khususnya dalam rangka partisipasi dari pemeliharaan saluran Drainase utama, sehingga manfaat yang akan didapatkan masyarakat sendiri juga lebih optimal, karena ada sharing partisipasi penanganan dari pihak perkumpulan masyarakat dengan Pemerintah. Pungkasnya (Adr/Mrt/Kalteng)

- Info Redaksi Kalteng News -