Disperkimtan Usulkan 100 Unit Rumsus Nelayan

 

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) melalui Disperkimtan pada 2018 ini telah mengusulkan bantuan bedah rumah. Dan dinas ini juga mengabarkan untuk nelayan yang belum memiliki rumah pribadi akan mendapatkan bantuan Rumah Khusus  (Rumsus). Terutama nelayan yang ada di wilayah Kecamatan Sebangau Kuala dan Kahayan Kuala.

 

Ujar Kadis Permintan Kabupaten Pulang Pisau, Edy Casmani melalui program pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR ini, sudah kita usulkan sebelumnnya. Jadi tinggal menunggu kabar selanjutnya,Kamis (25/1/2018).Rumah khusus ini diprioritaskan untuk para nelayan dan ini sudah diusulkan sebanyak 100 unit. Masing-masing kecamatan mendapatkan 50 unit. KALTENGNEWS,Pulpis-Untuk sementara dua kecamatan yang mendapatkan bantuan Sebab, di dua kecamatan itu paling banyak nelayannya dan nelayan yang tidak memiliki rumah pribadi, artinya yang masih ikut menumpang dengan keluarga ataupun sanak pamilinya,atau masih Kupang dengan mertua dan keluarga lainnya, inilah yang diusulkan.Karena sifatnya kita masih mengusulkan, maka mudahan saja cepat mendapat tanggapan dan petunjuk selanjutnya dari pihak pusat, ditambahkannya Disperkimtan,  berharap bisa memberikan bantuan melalui dana APBD. Namun seperti diketahui bersama keadaan APBD belum stabil, dan masih minimnya PAD (Pendapatan Asli Daerah) Karena itu pihaknya masih berharap dari program pusat terkait rumsus tersebut”.

 

“Bisa saja nantinya kita programkan melalui dana APBD, tapi nanti kalau sudah dana kita stabil dan memiliki kemampuan, untuk Sementara  belum ada, jadi kita masih mengakomodir dan mengusulkan ke pihak Pemerintah pusat,” katanya.

 

Edy menambahkan, untuk rumsus (rumah khusus) nelayan ini nantinya akan mendapat bantuan dana dengan kisaran Rp100 juta lebih,ini mengingat rumsus nelayan ini dibangun baru, yang anggarannya disesuaikan dengan harga bahan setempat. Katakanlah untuk bahan bangunannya menyesuaikan dengan struktur lokasi dan harga bahan setempat. Kalau memang dibangun beton atau kayu sesuai dengan kondisi di lapangan. Dan untuk kucuran dana berkisar ratusan juta hal ini juga sudah didukung oleh pihak legislatif (DPRD) kita. Berartinya bukan dari pihak eksekutif (Pemerintah daerah) saja, namun dari legislatif juga sangat mendukung dengan usulan tersebut, pungkasnya.(RH/KALTENGNEWS)

 

- Info Redaksi Kalteng News -