DLH Fokus tangani Sampah Kerahkan 36 Petugas Kebersihan

KALTENGNEWS,Pulpis-Tahun 2018 ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menangani persampahan yang tahun-tahun sebelumnya melekat di Dinas PU-PR, dan 2018 ini pihak kami akan mengevaluasi terhadap masalah penanganan sampah yang terjadi saat ini.Salah satunya dengan mengarahkan sebanyak 36 petugas kebersihan yang difokuskan pada penangganan penumpukan sampah yang terjadi di setiap akhir pekan atau hari libur kerja, khusunya di lokasi-lokasi TPS di wilayah Kahayan Hilir (Kota) terlebih dahulu.DLH sudah memiliki sebanyak 36 petugas kebersihan,salah satu fokus yang dilakukan adalah penanganan penumpukan sampah yang terjadi di setiap akhir pekan atau hari libur, ujar Kepada DLH Pulpis, Wartony menjelaskan.

Sebelumnnya telah diakui Wartony, bahwa beberapa waktu lalu memang sempat terjadi penumpukan sampah. Tetapi hal tersebut terjadi akibat terkendala masalah teknis. Saat ini DLH sudah mempersiapkan dengan mengatur petugas kebersihan yang akan tetap menjalankan tugasnya dengan shif-shif yang telah ditentukan.Dirinya berharap, ke depannya nanti jangan sampai terjadi lagi penumpukan sampah pada saat akhir pekan di lokasi TPS-TPS.

“Dia menambahkan saat ini,, pihaknya telah mengusulkan penambahan armada untuk mengangkut sampah. Jika usulan tersebut disetujui maka secara otomatis akan membutuhkan penambahan petugas.Apabila penambahan armada maupun petugas telah memadai, maka permasalahan sampah khususnya di Kota Pulang Pisau diklaim dapat teratasi dengan baik, terutama penumpukan sampah yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Gohong juga akan teratasi dengan baik.Untuk tahun 2018 ini DLH tidak akan melakukan penambahan petugas kebersihan, namun DLH melakukan evaluasi dengan jumlah petugas kebersihan yang ada saat ini dan sudah mengusulkan armada sampah. Jika jumlah petugas sekarang dirasa kurang, maka pada tahun 2019 DLH akan melakukan penambahan petugas kebersihan,”ungkapnya.(RH/KALTENGNEWS)

- Info Redaksi Kalteng News -