DP3AP2KB Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Kader PPKBD, Sampaikan tugas-tugas program KB

Pulang Pisau ,Kaltengnews-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Pulang Pisau melaksanakan Pembinaan Tenaga Lini Lapangan (PT2L) kepada Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) atau kader KB, di Aula Kantor Kecamatan Kahayan Hilir, Selasa, 14 Juli 2020.
Kepala DP3AP2KB Pulpis, dr. Bawa Budi Rahardja melalui Sekretaris, Makruf Kurkhi mengatakan, beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di beberapa Kecamatan.Namun, rata-rata kader KB masih belum mengerti tugas dan fungsi, dalam hal pembuatan laporan.

“Oleh sebab itu kita melaksanakan kegiatan pembinaan kader PPKBD, dengan harapan bisa membantu menyelesaikan tugas-tugas program KB yang seharusnya dihandle oleh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) kami,” kata Makruf Kurkhi.

“Karena kekurangan tenaga pihaknya berharap mereka ini nantinya bisa menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan data-data KB.Kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dan kesepakatan dari kegiatan Staff Meeting yang dilaksanakan akhir Juni 2020.

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala DP3AP2KB Pulpis dr. Bawa Budi Raharja.

Sementara, pamateri perwakilan BKKBN Provinsi, Djuwiyanto, Kasubit Hubungan antar lembaga dan Bina Lini Lapangan BKKBN Provinsi Kalteng, dan dihadiri Dr M Fitriyanto, Kabid Pengendalian Penduduk.

” Kegiatan kita ini disambut positif oleh mereka Provinsi Kalteng, dan juga ini kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Pulpis, yang kita laksanakan secara perdana di Kecamatan Kahayan Hilir. Besok, juga akan kita laksanakan lagi di 8 (delapan) Kecamatan,” terangnya.

Maruf menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan tersebut dengan sasaran kader PPKBD nantinya adalah anggota PKK Desa, karena program PKK itu sama dengan program KB, dari 10 program pokok PKK, termasuk visi-misi PPK yang sama.

” Kita memilik PKK, karena mereka memiliki jejaring sampai tingkat RT dan RW yang disebut Desa Wisma, sehingga nanti dalam hal pendataan PPKBD ini nantinya satu Desa satu saja, dan mengkordinir semua RT dan RW, dimana jika kita nanti berkalaborasi dengan PKK, maka PKK jalan programnya dan KB juga jalan,” jelasnya.(Romi/Pulpis)

- Info Redaksi Kalteng News -