Kades Turun Langsung Bersihkan Sungai Dan Lingkungan Bersama Warga Mantaren II

Pulang Pisau – Kaltengnews,Dalam rangka ikut serta menjaga kebersihan Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Desa bersama dengan warga Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.

Bersama warganya, perangkat Pemdes melaksanakan kerja bakti atau gotong royong membersihkan saluran air di Sungai Malang, tepatnya di depan SMPN 4 Kahayan Hilir.Kegiatan yang kita lakukan bersama warga berlangsung di lingkungan RT I, II, dan III. Hal ini kami lakukan juga ikut serta membersihkan agar Kabupaten Pulang Pisau terbebas dari sampah dan aliran sungai bersih dari rumput serta gulma, terang Kades Mantaren II, Agus Imam saat dikonfirmasi sisela dia sambil bekerja Minggu, (12/1/2020).

Menurut Agus, pembersihan saluran air di Sungai Malang ini oleh warga ini, tidak lain upaya mereka dalam mengantisipasi luapan air yang dalam sepekan terakhir merendam halaman SMPN 4 Kahayan Hilir dan sejumlah halaman warga desa setempat, dan agar air yang disungai dapat dipergunakan walaupun tidak untuk kusumsi setidaknya digunakan untuk cuci tangan dll.

Masih ucap Agus, gotong-royong ini kita lakukan agar air dapat mengalir dengan lancar, sungai terlihat bersih rapi, begitu juga halaman sekitar dipandang terlihat bersih rapi terbebas dari sampah dan rumput-rumput liar yang tidak terawat.
“Mungkin inilah salah satu kami warga Mantaren II ikut berpartisipasi terhadap Pemerintah Pulang Pisau dalam pembangunan, dengan cara ikut serta memelihara kebersihan lingkungan khususnya Mantaren II”.

“Gotong-royong yang dilakukan pihak desa dan warga tersebut, karena sejauh ini perawatan rutin dari pihak terkait ataupun dinas terkait belum pernah dilakukan, sehingga desa dan warga berinisiatif untuk melakukan gotong-royong bersih sungai, dan dalam menghadapi cuaca penghujan seperti ini lingkungan harus terlihat bersih bebas dari sampah, artinya kebersihan ikut menjaga pula kesehatan, paling kecil tempatnya nyamuk maupun jentik bersarang berkurang, ucap Agus tersenyum. (Romi/Pulpis)

- Info Redaksi Kalteng News -