Komplotan Pencuri Sarang Walet Berhasil Dibekuk Oleh Polsek Dusun Tengah Polres Bartim

KALTENGNEWS,BARTIM– Polres Barito Timur – Kerja keras jajaran Polsek Dusun Tengah untuk mengungkap pencurian sarang burung walet di wilayah kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalteng membuahkan hasil dengan ditangkapnya sebanyak 5 orang tersangka komplotan pencuri sarang walet.

Komlotan yang diduga spesialis pembobol bangunan sarang walet tersebut terungkap setelah salah satu tersangka Ahmad Sutrisno alias Itis (48) warga Barumbut RT. 36 Kel. Ampah Kota Kec. Dusun Tengah Kab. Bartim berhasil ditangkap petugas pada hari minggu (18/2/2018). Penangkapan tersangka Itis ini setelah dua hari petugas Polsek Dusun Tengah melakukan penyelidikan kasus pencurian sarang walet di Desa Rangen Rt. 39 Ampah Kota milik Bapak Erwin.

“Dari hasil penyelidikan dan keterangan saksi saksi serta data yang dikumpulkan di sekitar TKP petugas berhasil menangkap tersangka Itis dan diketahui sebelum kejadian juga menginapkan 4 orang di sebuah barak di Desa Rodok,” ungkap Kapolres Bartim AKBP Wahid Kurniawan, SIK saat press release pengungkapan kasus tersebut didampingi Wakapolres Bartim Kompol Arman Muis, SH, SIK, MM, Kabagsumda Kompol Mohtar, Kapolsek Dusun Tengah Iptu M. Syafuan Nor, SIK dan Kanitreskrim Polsek Dusun Tengah Aiptu Rikardo Hutahaean, SH. Kami (22/2/2018) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kemudian dari hasil intrograsi kepada tersangka Itis yang mengaku bahwa dalam melakukan aksi pencurian tersebut bersama dengan 4 orang rekannya yang saat itu berada di penginapan depan Bandara Samsudinnor Banjarbaru, Kalsel.

“Mendapat informasi tersebut petugas Polsek Dusun Tengah menggiring tersangka Itis ke tempat penginapan para tersangka lain di Banjarbaru. Dengan dibantu tim Resmob Polresta Banjarbaru 4 tersangka komplotan ini berhasil kita bekuk pada hari Senin (19/2/2017). Saat ditangkap tiga tersangka berusaha melarikan diri dan melawan petugas sehingga terpaksa kita lakukan upaya paksa dengan tembakan pada bagian kaki,”jelas Kapolres Bartim.

Kapolres menambahkan bahwa keempat tersangka adalah pendatang dari Jawa Timur yaitu Sujai (55) Dusun Sumber Bendo Rt.8 Kel. Pakuniran Kec. Maesan Kab. Bondowoso, Supaidi alias Doyok (51) warga Dusun Krajan Rt.6 Kel. Kandang Jati Wetan Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo, Sarip (43) warga Dusun Sudung Timur Rt.4 Kel. Sukowiryo Kec. Jelbuk Kab. Jember dan Sudari alias Pak Rendi warga Paci kec. Sumber Jambe Kab. Jember Prop. Jawa Timur.

“Dari keterangan para tersangka bahwa baru pertama kali melakukan pencurian sarang walet di wilayah Kabupaten Bartim namun pengakuan para tersangka tersebut akan terus didalami menggingat di Polsek Dusun Tengah ada sekitar 25 pengaduan masyarakat terkait pencurian sarang walet di Wilayah hukum Polsek Dusun Tengah,” terangnya.

Komplotan ini beraksi dengan cara membobol bagian belakang sarang walet milik korbanya pada malam hari. Pada saat itu belum semua sarang berhasil dipanen karena pemilik bangunan sarang walet terbangun dan para pelaku berhasil melarikan diri dengan membawa sekitar 2 Kg sarang walet.

Salah satu pelaku atas nama Itis berperan mencari target bangunan rumah walet yang akan di ambil sarangnya, setelah dapat kemudian situasi di sekitar bangunan hingga jalan diamati terlebih dahulu. Kemudian menghubungi salah satu komlotan tersangka dari Jawa Timur untuk bersama sama melaksanakan eksekusi. Dari hasil pencurian tersebut Itis mengaku mendapat jatah 1,4 juta rupiah.

“Atas perbuatan tersebut kelima orang tersangka ini mendekam di sel tahanan Polres Bartim dan dijerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun pidana penjara,” tutup AKBP Wahid Kurniawan, SIK. (Kaltengws)

- Info Redaksi Kalteng News -