KALTENGNEWS – Ada beberapa makanan yang dapat mempercepat metabolisme. Dengan asupan makanan ini berat badan bisa tetap terjaga bahkan turun.

Dilansir Healthy Woman (2/01) nutrisi sangat mempengaruhi metabolisme tubuh . Metabolisme merupakan proses dalam sel yang mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Usia, jenis kelamin, ukuran dan komposisi tubuh, dan tingkat aktivitas dapat mempengaruhi metabolisme.

Berikut adalah beberapa makanan yang mempercepat metabolisme dan membakar lemak tubuh. Baik dikonsumsi jika Anda sedang menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal.

1. Bayam

Foto Istimewa

Si hijau ini kaya akan zat besi. Zat tersebut membantu membawa oksigen yang dibutuhkan otot untuk membakar lemak. Sehingga otot bisa membakar lemak lebih cepat. Jika bukan penggemar bayam, Anda juga bisa konsumsi kacang kedelai. Anda bisa mencoba resep Daging Tumis Bayam untuk makan malam.

2. Cabe

Penggemar masakan India, China, Thailand beruntung. Cabe juga banyak dipakai dalam masakan tradisional. Cabe mengandung capsaicin yang memberikan aroma dan rasa pedas cabe. Capsaicin meningkatkan suhu tubuh.

Hal ini mendorong tubuh untuk membakar kalori ekstra dan memecah lemak. Cabe merupakan buah dari tanaman genus Capsicum, termasuk cabe rawit, cabe hijau, jalapeno, Thailand, tobasco, habanero dan Scotch bonnet. Saus pedas seperti sriracha juga mengandung capsaicin. Semakin pedas , semakin besar efeknya meski manfaat panasnya bisa bervariasi pada tiap orang.

3. Ikan

Ikan adalah sumber yodium dan selenium yang baik. Mineral yang terkandung di dalamnya mendukung fungsi kelenjar tiroid yang mengatur metabolisme. Ikan juga memiliki asam lemak omega-3. Mereka merangsang produksi leptin yaitu hormon yang membuat Anda merasa kenyang sehingga berhenti makan lebih cepat.

4. Teh hijau

Teh hijau men gandung katekin. Zat yang dipercayai orang bisa membantu membakar lemak di perut. Selain itu teh hijau merupakan minuman yang mengandung kafein sehingga dapat menggiring metabolisme tubuh agar menaikkan detak jantung dan mendorong sistem tubuh untuk membakar kalori lebih cepat.

5. Yogurt

Foto Istimewa

Yoghurt rendah lemak maupun dengan kandungan lemak biasa mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri ramah yang bisa mengurangi kadar lemak yang diserap tubuh. Sel yang mengandung kalsium juga membakar lebih banyak lemak dari pada yang tidak .

6. Air

Air adalah minuman yang membantu tubuh jadi ramping. Sebenarnya, hidrasi ringan bisa memperlambat metabolisme. Jika Anda meminum air dingin, berarti m emaksa tubuh untuk menggunakan lebih banyak kalori untuk menghangatkannya. Selain itu, air minum juga bisa memastikan bahwa Anda tidak salah mengartikan haus dengan lapar .

7. Alpukat

Buah kaya akan lemak sehat ini memberi rasa kenyang lebih lama. Juga menjaga metabolisme tubuh serta kadar gula darah.

Hal itu membantu mencegah menumpuknya energi, yang memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan. Alpukat juga dapat diolah menjadi smoothies, jus, dan lainnya.

- Info Redaksi Kalteng News -