Menghadiri Tabuh Tiwah Sigi Pertama,Taty Berharap Aman Dan Lancar  Polres Pulpis Beri Pengawalan Ketat

Kaltengnews,Pulpis – Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menghadiri upacara Tiwah yang dilaksanakan di Desa Sigi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, dan tabuh Pertama (Pemotongan hewan korban) Jumat (8/11/2019).Serta turut hadir pada acara tersebut, anggota DPRD, Kapolres, dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Pulang Pisau.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menjelaskan bahwa upacara Tiwah merupakan ritual  penghormatan ,tingkat akhir pada acara kematian umat Hindu Kaharingan.

“Berbagai ritual umat Hindu Kaharingan akan digelar dalam acara tersebut. Dari itu, dirinya meminta agar semua pihak turut menjaga serta mendukung agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar,”harap Taty.

Ditempat yang sama,Kapolres Pulpis AKBP siswo mengungkapkan Untuk menjaga kesucian ritual Tiwah massal yang dilaksanakan di Desa Sigi pihaknya siap memberi pengawalan ketat dan menegaskan akan menindak tegas kegiatan apa saja yang dianggap mengganggu kamtibmas dalam acara tersebut.

“Kita telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak panitia terkait pelaksanaan kegiatan dan ada beberapa hal yang kita sepakati dengan Panitia Pelaksana saat koordinasi tersebut,dan Ia menjelaskan dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan hindu keharingan itu, sudah dibuat pernyataan bersama yang isinya dengan tegas menjelaskan melarang segala bentuk perjudian, peredaran minuman keras, peredaran narkoba dan kegiatan lain yang mengganggu kamtibmas yang bukan bagian dari ritual keagamaan Tiwah massal.

“Jika terjadi praktiik-praktik seperti dalam pernyataan itu, maka Polres Pulang Pisau akan melakukan tindakan. Untuk itu kami mengimbau, agar apa yang menjadi pernyataan itu bisa dipahami dan dipatuhi. Sehingga kesakralan dan kesucian ritual keagamaan Tiwah terjaga,” ucapnya. (Romi/Pulpis)

- Info Redaksi Kalteng News -