KALTENGNEWS, Kotawaringin Barat – Memasuki bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali menggelar Pasar Ramadhan di Lapangan Tugu, Kelurahan Raja, Jalan Pangeran Antasari Pangkalan Bun.

Menurut Kasi Pemberdayaan dan Fasilitasi Usaha Mikro Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kobar, Tartin, sebelumnya Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kobar sudah menggelar rapat koordinasi untuk melakukan persiapan.

“Sebelumnya sudah dilakukan rapat di ruang sekda, tanggal 26 April 2018, yang diundang, diantaranya seluruh kepala desa dan karang taruna se Kecamatan Arut Selatan,” jelas Tartin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kobar, Jahotler Lumban Gaol mengatakan, kali ini lapak Pasar Ramadhan akan diisi 60 pedagang.

“Jumlahnya 60 lapak, 60 lapak ini nanti diisi pedagang dari kelurahan dan desa di Arut Selatan,” katanya.

Jahotler pun menegaskan, untuk mendapatkan lapak di Pasar Ramadhan, Pemkab Kobar tidak memungut biaya apapun dari pedagang.

“Untuk yang 60 lapak itu, gratis, tidak dipungut biaya dari masing-masing yang menggunakan lapak tersebut,” tegasnya.

Hingga saat ini, Jahotler menjelaskan bahwa pendirian Pasar Ramadhan sudah mencapai 90 persen.

“Sampai hari ini sudah 90 persen lebih, dan kita harapkan pada pelaksanaannya nanti, 100 persen selesai, sebelum tanggal 15 lah,” katanya.

Pasar Ramadhan rutin digelar setiap tahunnya, dan ramai pembeli pada sore hari menjelang umat muslim berbuka puasa hingga malam hari, dengan beragam jenis masakan dan kue yang dijual.

Sisi lain dari Pasar Ramadhan, bisa menjadi ajang promosi pariwisata tahunan, sebagai objek wisata kuliner di bulan suci Ramadhan seperti banyak dilakukan diberbagai daerah. (Humas Diskominfo Kobar)

- Info Redaksi Kalteng News -