Percepat Target UHC, BPJS Kesehatan Lakukan RT Binaan

KALTENGNEWS. Palangka Raya – Terhitung 1 Agustus 2018, seluruh penduduk kota Palangka Raya harus terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Target tersebut merupakan hasil dari penandatanganan MoU dengan Walikota Palangka Raya. BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mempercepat upaya UHC di Kota Palangka Raya. Salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya untuk memenuhi target UHC pada Agustus 2018 adalah terjun langsung ke lapangan dengan bertemu langsung dengan ketua Rukun Tetangga (RT) setempat untuk berkoordinasi agar seluruh warga dapat segera menjadi peserta JKN-KIS, rabu (11/04).

“Target awal RT binaan di Kota Palangka Raya yaitu Kelurahan Pahandut. Kelurahan Pahandut dipilih menjadi target awal dikarenakan Kelurahan ini menduduki peringkat tertinggi untuk jumlah penduduk yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Di targetkan pada akhir Februari 2018, RT di seluruh Kelurahan Pahandut telah menggerakkan warganya untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan,” Ujar Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Kartiningsih.
Untuk memenuhi target UHC Kota Palangka Raya pada Agustus 2018, masih perlu dilakukan penambahan jumlah peserta sebanyak ± 33.000 jiwa lagi. Di Kelurahan Pahandut sendiri, total masih sekitar ± 13.695 jiwa yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Artinya, untuk mencapai target UHC pada Agustus 2018, masih perlu adanya tambahan 19.305 jiwa dari Kelurahan yang lain.
Direncanakan pelaksanaan sistem RT Binaan ini akan di fokuskan pada 2 wilayah Kecamatan dengan potensi penduduk terbesar yaitu Kecamatan Pahandut dan Kecamatan Jekan Raya. Program RT Binaan ini sendiri dijadwalkan tuntas dilaksanakan di 2 wilayah tersebut pada bulan Mei 2018. Diharapkan melalui program ini, masyarakat dapat lebih sadar untuk segera mendaftar menjadi peserta Program JKN-KIS. (Kalteng News).

- Info Redaksi Kalteng News -