Personel Polsek Danau Sembuluh Ajak Satpam Lawan Pungli

Kaltengnews.com. – Polres Seruyan – Kepolisian Sektor (Polsek) Danau Sembuluh jajaran Polres Seruyan Polda Kalteng melakukan sosialisasi pencegahan pungutan liar (pungli) di PT Salonok Ladang Mas Desa Sembuluh II Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan Provinsi Kalteng, Selasa (15/9/2020) pukul 08.30 WIB.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan personil Polsek Danau Sembuluh Brigpol Ricko menyampaikan kepada petugas satuan pengamanan (satpam) perusahaan mengenai Peraturan Presiden Nomor  87 Tahun 2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar ( Saber Pungli ).

Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Danau Sembuluh Ipda Romlan, S.H mengatakan, bahwa pelaku pungli dapat dikenakan gratifikasi sesuai dengan penyalahgunaan jabatan dengan hukuman pidana.

“Masyarakat harus bisa menolak apabila ada oknum kepolisian ataupun pemerintahan yang memungut biaya dalam memberikan pelayanan tanpa ada dasar aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Romlan.

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang satgas saber pungli tersebut, tim saber pungli merupakan salah satu bagian kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum sebagai bentuk upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, jujur, dan adil guna mewujudkan penegakan hukum.

“Sosialisasi ini dilaksanakan agar dapat  memberikan kesadaran yang tinggi terhadap aparatur pemerintahan untuk selalu berlaku jujur dalam bekerja serta berpedoman pada aturan yang berlaku,” ungkapnya. (Red)

- Info Redaksi Kalteng News -