Polsek Katingan Hilir Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Penggandaan Uang

Kaltengnews,Katingan- Polres Katingan – Unit Reskrim Polsek Katingan Hilir bersama Satreskrim Polres Katingan, Polda Kalteng berhasil mengungkap kasus penipuan dengan modus menggandakan uang, Minggu (27/1/2019) lalu.

Polisi berhasil mengamankan pelaku AF (42) beserta barang buktinya, yakni 750 lembar uang palsu dolar Amerika, peti kayu, enam lembar buku rekening BRI atas nama Muhamad Amin, kain putih polos, kain hitam polos, satu botol minyak wangi, satu botol hajar aswad dan dua buah mercon asap.

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Katingan Hilir Iptu Nurheriyanto Hidayat, S.H., M.Si., menyampaikan, terjadinya penipuan tersebut berawal dari tersangka yang melakukan aksi tipu muslihatnya dengan cara mendatangkan sejumlah uang kertas dolar palsu di dalam sebuah peti kotak terbuat dari kayu dikediaman korban sdr. Tengan D. Halip (57) warga Jl. Revolusi Kel. Kasongan Lama, Katingan Hilir, Rabu (1/08/2018) tahun lalu.

“Tersangka mengaku dapat mendatangkan uang gaib dengan meminta korban membuka peti kosong yang tanpa disadari korban, tersangka sudah memasukkan uang palsu kemudian ditaburi pasir dan korban diminta menutup kembali,” terang Kapolsek menceritakan modus operandi tersangka.

Tidak lama kemudian lanjut Kapolsek, tersangka meminta korban untuk membuka peti tersebut dan terlihat sudah ada uang dolar. Kemudian korban diminta menghitung uang tersebut lalu dibungkus menggunakan kain hitam dan putih. Tanpa sepengetahuan, tersangka memasukkan petasan jenis asap agar korban lebih percaya. Selanjutnya korban mengunci peti dan akan membukanya sampai batas waktu yang ditentukan.

Setelah percaya, korban lalu memberikan uang Rp 55 Juta dan ada beberapa kali mentransfer uang sebesar Rp.35,6 juta dengan maksud untuk digandakan.

Namun, lama kelamaan korban menyadari bahwa ia sudah ditipu karena uang dolar tersebut diketahui palsu. Kemudian korban melaporkannya ke Polsek Katingan Hilir. Akibat penipuan tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 96 Juta.

“Saat ini tersangka sudah kami amankan di Mapolsek, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tersangka dikenakan Pasal 378 KUHPidana tentang tindak pidana penipuan,” pungkas Kapolsek.

- Info Redaksi Kalteng News -