Polsek Katingan Tengah Ungkap Kasus Penipuan Modus Usaha Dagang Emas

KALTENGNEWS, Kasongan- Polres Katingan Polsek Katingan Tengah, Polres Katingan, Polda Kalimtan Tengah berhasil mengungkap kasus penipuan dan atau penggelapan dengan modus penanaman modal usaha.

Fah alias Ipah (39) warga Kelurahan Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah, dilaporkan telah melakukan penipuan dan penggelapan uang dengan jalan menawarkan kerja sama di bidang usaha perdagangan emas, Senin (3/4/2017) tahun lalu.

Pelaku dilaporkan oleh H Sabran (57), warga Kelurahan Samba Kahayan Kecamatan Katingan Tengah, yang telah mengalami kerugian uang Rp 1 Milyar 557 juta dari total uang modal yang ditanamkan kepada pelaku.

Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha, S.I.K., melalui Kapolsek Katingan Tengah Ipda Adhy Heriyanto, Senin (8/1/2018) siang, mengatakan bahwa kejadian bermula pada Bulan April 2017, pelaku menawarkan kerja sama penanaman saham atau modal usaha di bidang perdagangan emas.

Bahwa untuk meyakinkan korban, pelaku memberikan uang hasil penjualan emas kepada korban sebanyak dua kali, kemudian dihari berikutnya korban mencoba menghubungi pelaku tapi tidak bisa terhubung, jelas Kapolsek.

Atas kejadian tersebut Polisi melakukan penyelidikan dan mencari keberadaan pelaku. Pada hari Minggu (7/1/2018) Polisi mendapat informasi keberadaan pelaku di daerah Mantuyup Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong Prov. Kalimantan Selatan.

Dengan dibantu pihak Polsek Bintang Ara sekira pukul 22.00 WITA, akhirnya Polisi berhasil mengamankan terlapir di kediamannya daerah Mantuyup RT.06 Desa Bintang Ara.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya pelaku dijerat dengan Pasal 374 atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Beberapa barang berupa satu unit kendaraan Kawasaki Ninja 250 cc, TV LED 32 inc dan uang sebesar sebesar Rp 67.895.000 disita sebagai barang bukti untuk melengkapi berkas perkaranya,pungkas Kapolsek. (Kaltengnews)

- Info Redaksi Kalteng News -