Polsek Tws Garing dan Pulau Malan Amankan Pengangkut Kayu Ilegal

KALTENGNEWS, Kasongan – Polres Katingan,  Polsek Tewang Sangalang (Tws) Garing dan Pulau Malan menggagalkan penjualan kayu ilegal berupa papan sebanyak 179 keping, di jalan Soekarna Hatta Desa Kuluk Bali, Kecamatan Pulau Malan, Kabupaten Katingan, Senin (8/1/2018) sekira pukul 12.30 WIB.

Kapolsek Tws Garing dan Pulau Malan Ipda Bimasa Zebua, S.T.K., menyebutkan kayu tersebut diamankan saat melintas di wilkum Polseknya dari seorang berinisial Sur (48) warga Desa Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

“Saat ini tersangka kami amankan beserta barang buktinya. Ratusan kayu yang kami amankan berjenis meranti. Di mana semuanya sudah diolah menjadi kepingan papan dan siap dijual,” ujar Kapolsek.

Barang bukti yang diamankan berupa mobil pikup warna hitam jenis L300 nopol KH 8340 AB dan kayu dengan ukuran, yakni 170 keping berukuran 3x20cm x 3m, dan sembilan keping ukuran 2x20cm x 4m.

“Semuanya sudan siap jual, dan tinggal diantar kepada pembeli kayu olahan tersebut,” kata Ipda Bimasa.

Dikatakan, penangkapan ini berawal saat anggota Polsek melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) menemukan kendaraan sedang mengangkut kayu olahan. Saat dilakukan pemeriksaan pelakh tidak memiliki dokumen yang sah.

鈥淜eterangan tersangka kayu tersebut tidak memiliki dukumen dari Dinas Kehutanan. Sehingga kayu itu ilegal, dan harus dipertanggungjawabkan,tutupnya. (Kaltengnews)

- Info Redaksi Kalteng News -