Sadar Hukum Masyarakat Kabupaten Gunung Mas Dengan Menyerahkan Senjata Rakitan Kepada Aparat Penegak Hukum

KALTENGNEWS, Gunung Mas – Masyarakat dan Sadar Hukum Makan Pada Hari Rabu Pagi 3/01/2018 pkl.10.00 wib dijalan Detawa 6 kelurahan Bukit Tunggal kecamatan Jekan Raya RT 06/05 kota Palangkaraya.

Telah berlangsung penyerahan senjata api Rakitan Api dari warga binaan atas Nama: Anggur (awang) Nasrani 51 tahun. Yang juga Berdiam di Tumbang malohai Rt.06 kecamatan Rungan Kabupate Gunung Mas Dan juga Memiliki Rumah Di Kota Cantik maka Senjata Rakit itu dibserahkan Di Palangka Raya.

Maka Pada tanggal 31 Desember 2017 pkl.10.15 wib. Anggur (awang) menghubungi Koptu Deni Agus manggi bahwa mempunyai senjata api rakitan kondisi masih baik akan diserahkan kemudian hasil komunikasi seluler Hand phone babinsa koptu Deni agus manggi kepada Anggur (awang) sepakat senjata akan dibawa ke palangkaraya tanggal 2 januari 2018 Maka oleh itu Beliu dengan penjemputan 38 pos polisi kawatir ada razia sajam dan sejenisnya..

Pada tanggal 2 januari 2018 pkl.14.30 wib Koptu Deni agus manggi melaporkan kepada Danramil Kapten Inf Suradi. S.Sos. M.Hum terkait adanya warga masyarakat yang akan menyerahkan senpi rakitan dipalangkaraya langsung melakukan penjemputan Di km 38 pos polisi polda kalteng dengan mengunakan mobil taff KH 1809 AC hingga menuju Palangkaraya dalam keadaan aman… senjata diamankan dirumah. .

Pada tanggal 3 januari 2018 pkl.08.00 wib Danramil 05/tumbang jutuh Kapten inf Suradi.menghubungi personil babinsa yang berada dipalangkaraya sertu Edii suryo.serda Sugiyanto. dipalangkaraya agar membantu penyerahannya.

Pada Pkl.09.00 WIB tanggal 3 januari 2018 Danramil tumbang jutuh berangkat dari penjagaan kodim 1016/plk (pa piket garnisun) menuju simpang Kecamatan jekan raya palangkaraya menemui babinsa sertu Edi suryo.serda sugiyanto.dan Koptu Deni agus manggi langsung menuju rumah bpk.Anggur (awang) jalan Detapa 6 kelurahan Bukit Tunggal kecamatan Jakan raya kota palangka Raya.

Pada pkl.10.00 wib tanggal 3/1/2018..2 pucuk senjata resmi diserahkan didepan rumah ybs..kondisi aman..dan tertib..

Bahwa senjata sudah tersimpan tahun 2001 pasca kerusuhan konflik komunal sampit sampai sekarang tersimpan dengan baik.alibi pemilik untuk menjaga diri dan berburu babi hutan dikampung malohai.kec rungan kab.gunung mas.kalteng…

Bahwa senjata dengan sukarela diserahkan tanpa ada paksaan oleh pemilik atas dasar taat hukum dan adanya sosialisasi Babinsa.dilapangan serta sesuai berita koran bahwa Dandim 1016/plk Letkol czi Candra Adibrata menjelaskan (lansir koran tempo hari) barangsiapa yang memiliki senjata api agar diserahkan tanpa proses hukum….

Bahwa masih ada satu pucuk senpi rakitan waktu dekat akan segera diserahkan kembali kepada koramil 1016-05/tumbang jutuh…

Kondisi senjata masih sangat bagus dan bisa digunakan

Kondisi popor, laras, picu, per tarik masih baik…

Senjata langsung kami amankan..siang ini kami serahkan ba purir untuk digudangkan..

Terakhir… senjata tiga pucuk masih tersimpan dikoramil 05/tumbang jutuh, ini Merupakan kesadaran Masyarakat sekarang suguh luasr biasa. (Natali/Kaltengnews)

- Info Redaksi Kalteng News -