Tumpukan sampah sampah Sambut Tahun 2018

KALTENGNEWS, Palangka Raya-Tahun 2018 Kabupaten Pulang Pisau disambut disambut oleh tumpukan sampah menggunung di beberapa titik lokasi area kota Pulang Pisau Propinsi Kalimantan Tengah . Sampah – sampah tersebut terlihat menjijikan dan mengganggu ketertiban umum. Tumpukan sampah itu begitu banyak jumlahnya terdiri dari plastik, kertas, dan sampah – sampah rumah tangga lainnya.Salah satu titik terparah tumpukan sampah tersebut lokasinya persis di Jalan Raya Rei II Kecamatan Kahayan Hilir. Bahkan aroma bau busuk pun terasa menyengat menusuk hidung.

Jorok, jijik banget harusnya segera dibersihkan banyak lalatnya dan sampahnya berserakan karena dibawa kemana-mana oleh anjing dan tiupan angin tegas Romi salah satu dari pengemudi yang sedang melintas.

Menurut Rini Widigdo, ST. yang dulu pernah bertugas sebagai Pejabat Pengelola Persampahan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat ( PUPR) bidang Cipta Karya ( CK ) di Kabupaten Pulang Pisau sangat prihatin dengan kondisi tersebut.

” Seharusnya kondisi tersebut sudah bisa diantisipasi oleh SOPD yang bertanggung jawab. Mengingat setiap ada acara-acara penting seperti Hari Raya Agama baik Idul Fitri maupun Natal, serta hari-hari besar lainnya sudah pasti jumlah sampah akan meningkat”, katanya menjelaskan.

“Apakah kondisi ini terjadi karena belum adanya kordinasi antara Dinas PUPR dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Karena kalau tidak cepat di ambil sampah-sampah itu, maka akan mencemari lingkungan khususnya pencemaran udara. Memasuki tahun 2018 kok dihadapkan pada pemandangan sampah yang berserakan, apa ini bisa di sebut KEMAJUAN ” tanya Rini yang merupakan salah satu Pemerhati Lingkungan dan orang yang merintis SANITASI di Kabupaten Pulang Pisau melalui program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman ( PPSP).
Harapan kami agar Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo S.sos.,MM segera mengambil tindakan supaya sampah – sampah tersebut bisa cepat di bersihkan. Supaya Pulang Pisau bisa bersih dan enak dilihat”.pungkasnya.(RH/kaltengnews)

- Info Redaksi Kalteng News -