Tim Gabungan Satgas Karhutla Kec. Laung Tuhup Laksanakan Patroli

Kaltengnews.com.– Polres Murung Raya – Tim gabungan Karhutla yang terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Masyarakat telah di bentuk dan beroperasi, untuk melakukan pencegahan dan pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kec. Laung Tuhup Kab. Murung Raya, Minggu (13/09/2020) siang.

Terkaiat itu, Bhabinkamtibmas Polsek Laung Tuhup Polres Mura Polda Kalteng, Briptu Wahyudi bersama tim gabungan bersinergi melakukan pengawasan dengan berpatroli ke wilayah – wilayah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, tim gabungan ini juga melakukan kampanye dengan sambang kepada warga dan juga membentang spanduk yang berisi himbauan larangan karhutla.

Kapolsek Laung Tuhup Ipda Jadiman, S.H melalui Briptu Wahyudi mengatakan kampanye dengan cara menyambangi titik-titik rawan kebakaran hutan dan lahan ini diharap tim gabungan dapat epektif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kita lebih memfokuskan kepada tindakan pencegahan dengan cara Patroli pengawasan, patroli sambang kepada warga masyarakat dan dan mengecek lokasi dirasa rawan terjadi kebakaran hutan,” ungkap Briptu Wahyudi.

Sementara ditempat terpisah, Kapolres Mura AKBP Dharmeshwara Hadi Kuncuro, S.I.K menjelaskan, kami pihak Polres Mura juga selalu memantau dan stanby jika diperlukan oleh tim gabungan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kab. Murung Raya.

“Untuk tindakan pencegahan sendiri kita dari Polres Mura memberdayakan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran untuk terus dan rutin melakukan sambang ke wilayah binaan dan mengkampanyekan cegah kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Kapolres.

Dia juga memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah binaan, harapannya jika terjadi kebakaran masyarakat dapat sedini mungkin memadamkan dan juga dapat bersama mencegah terjadinya Karhutla.

Dengan rangkaian kegiatan di atas Kapolres berharap dapat meniadakan ataupun menekan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan di wilayah Kab. Murung Raya (trp)

- Info Redaksi Kalteng News -